Beranda | Artikel
Doa Sebelum Tidur
Selasa, 13 September 2022

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Zaen

Doa Sebelum Tidur merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Fiqih Doa dan Dzikir yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 15 Safar 1444 H / 12 September 2022 M.

Kajian Tentang Doa Sebelum Tidur

Dari Hudzaifah Ibnul Yaman Radhiyallahu ‘Anhu, beliau berkata:

كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – إِذَا أَرَادَ أَنْ يَنَامَ قَالَ « بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَمُوتُ وَأَحْيَا »

“Biasanya Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam apabila hendak tidur, beliau membaca: ‘Bismika allahumma amuutu wa ahya (Dengan menyebut namaMu Ya Allah aku mati dan aku hidup).” (HR. Bukhari)

Doa ini memang kelihatan sangat simple. Hanya terdiri dari empat kata saja. Tapi masyaAllah kandungannya luas.

Pertama kita mengucapkan “Bismika (dengan menyebut namaMu). Berarti kita mengawali doa ini dengan basmalah. Kita menyebut nama Allah sebelum tidur karena butuh pertolongan dan perlindungan dari Allah.

Manusia tidak mungkin bisa melakukan aktivitas apapun kalau tidak ditolong Allah. Manusia tidak mungkin bisa melakukan perbuatan apapun kalau tidak dibantu oleh Allah, termasuk tidur. Bukankah sering kita mendengar ada orang sudah terlentang merebahkan dirinya tapi tidak bisa tidur? Padahal kasurnya sudah empuk, ruangannya sudah ber-AC, selimut dan bantalnya sudah enak, suasananya sudah hening, tapi tidak bisa tidur. Atau ada orang bisa tidur tapi tidak nyenyak. Ini menunjukkan bahwa kita tidak mungkin bisa tidur kalau tidak pakai pertolongan dari Allah. Makanya sebelum tidur baca bismillah supaya ditolong oleh Allah.

Jadi ketika kita ucapkan Bismillah (Dengan menyebut namaMu Ya Allah) aku mohon tolong supaya bisa tidur dengan nyenyak, berkualitas dan bermanfaat. Maksud tidur yang berkualitas yaitu setelah bangun tidur tubuhnya merasa segar.

Adapun maksud tidur yang bermanfaat yaitu setelah bangun tidur tubuhnya segar, bisa bermanfaat untuk beribadah sebaik mungkin kepada Allah. Jadi tidurnya orang yang beriman itu bukan sekedar untuk melepas lelah, tapi untuk mempersiapkan tubuh dan fisiknya agar bisa segar dalam beribadah.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajiannya. Download juga mp3 bacaan dzikir pagi dan petang.

Download mp3 Kajian Dzikir Sebelum Tidur


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52120-doa-sebelum-tidur/